RSS

MUSIK KERONCONG

-->

   Apa pengertian musik keroncong?
Musik keroncong adalah sejenis musik Indonesia yang memiliki hubungan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Sejarah keroncong di Indonesia dapat ditarik hingga akhir abad ke-16, di saat kekuatan Portugis mulai melemah di Nusantara. Keroncong berawal dari musik yang dimainkan para budak dan opsir Portugis dari daratan India (Goa) serta Maluku. Bentuk awal musik ini disebut moresco.
   Sejarah musik keroncong
Keroncong dikatakan bermula di Pulau Jawa pada abad ke-16 sewaktu pengaruh Portugis mula bertapak di kawasan Tenggara Asia. Ketika itu, seni musik gamelan digemari di seluruh Pulau Jawa. Alat-alat musik Barat telah digunakan untuk memainkan lagu-lagu daerah termasuk gamelan.
Proses penyesuaian ini mengambil masa yang lama. Hasilnya seni musik keroncong menjadi sempurna pada akhir abad ke-19. Namun begitu corak musik keroncong ini berubah dari semasa ke semasa.
Bentuk seni keroncong dengan seni musik gamelan mempunyai beberapa aspek yang hampir sama misalnya rentak dan bentuk melodinya. Musik gamelan dimainkan dengan cara yang teratur, tetapi musik keroncong dapat ditambah mengikuti perasaan pemain-pemainnya. Alat melodi dan bentuk suara yang digunakan dalam persembahan keroncong juga lebih luas.
Alat musik keroncong yaitu biola, seruling, gitar, cello, double-bass, cak, keroncongHawaii, akordian atau vibrofon dan mungkin menambah alat-alat lain seperti alat gitar
Musik keroncong berkembang ke Malaysia dengan kedatangan orang-orang Jawa pada awal abad ke-20. Dikalangan kaum Baba dan Nyonya, lagu keroncong sangat digemari. Di Indonesia, ramai keturunan Cina yang meminati lagu keroncong dan ada antara mereka yang menjadi pencipta terkenal.
Dalam tahun lima puluhan, di negeri Johor khasnya di Johor Bahru telah wujud beberapa buah kumpulan musik keroncong seperti ‘Suara Timur Keroncong Orkes’ di Kampung Stulang Darat, ‘Pepat Keroncong Party’ di Kampung Tambatan dan Mohd. Amin Johor Bahru, dan ‘Mawar Puteh Keroncong Party’ di Kampung Chik Ami Ngee Heng yang diketui oleh Encik Omar bin Abu Samah.
Pada ketika itu, musik keroncong biasanya dipersembahkan di majelis jamuan atau pesta. Kini keroncong telah mula bertukar corak sesuai dengan peredaran masa dan selera terutama cara persembahannya. Pengubahan musik keroncong dibuat untuk permainan pancaragam (orkestra) dan kumpulan gitar rancak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates