RSS

MERESENSI BUKU PENGETAHUAN

Nama                      : Melly Nur Fatimah
Kelas                      : 98
No Absen               : 28

Meresensi buku pengetahuan

Judul buku            : Bahasa Indonesia
Penulis                 : Atikah Anindyarini, Yuwono, dan Suhartanto
Penerbit               : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Cetakan                : Tahun 2008
Tebal                     : xiii+194 halaman


Pusat Perbukuan Nasional menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Bahasa Indonesia”. Buku ini terbit ditujukan kepada siswa SMP/MTs kelas IX. Bahasa memiliki peran penting dalan intelektual, sosial, dan emosional. Selain itu bahasa juga sebagai penunjang keberhasilan dalan bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan agar generasi muda mampu berkomunikasi dengan baik dan benar serta mampu meng-apresiasikan karya sastra.
           Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan para siswa akan keterampilan ber-bahasa Indonesia. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pembacanya. Topik-topik pembahasan dikemas dalam bentuk berba-gai kegiatan, seperti memahami dialog interaktif, mengomentari, memahami wacana tulis, meresensi, mengarang, memahami syair, memusikalisasikan puisi, menulis cerpen, memahami novel, dan menulis naskah drama. Kelebihan buku ini adalah pada setiap BAB yang dipelajari siswa, terdapat peta konsep, penjelasan, beberapa contoh pembahasan dan uji kompetensi yang dapat mengasah kemampuan siswa.
           Materi yang disajikan dalam buku ini sesuai dengan kurikulum terbaru siswa kelas IX SMP/MTs. Hanya saja pembahasan KD per KD tidak terurut sesuai dengan SK yang telah ditentukan sehingga seringkali menyulitkan pembacanya khususnya para siswa untuk menemukan BAB yang akan dipelajarinya.
           Secara keseluruhan buku ini termasuk bagus. Dilihat dari kurikulum yang terba-ru sesuai kelas IX SMP/MTs dan kegiatan-kegiatan di setiap BAB, buku ini layak untuk diperjualbelikan. Oleh Pusat Perbukuan Nasional buku ini dijadikan bahan ajaran di se-kolah-sekolah SMP/MTs dan dianjurkan kepada siswa untuk mempelajari isi buku ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates